Saturday, April 22, 2017

Begini Cara Mengelola Keuangan Bagi Pemula

Promo Tokopedia Bebas Biaya Admin

Gaji di sebuah perusahaan memang menggiurkan, namun gaji yang didapat berkat ide usahamu sendiri tentunya lebih memuaskan. Namun bagi pemula yang baru merintis usaha, mendapatkan penghasilan setara gaji di perusahaan rasa-rasanya lumayan sulit. But nothing is impossible, tentunya dengan usaha keras dan cerdas, kamu pun memiliki potensi untuk mendapatkan gaji melebihi gaji di perusahaan! 

Biasanya bagi pemula, hal yang sering dilupakan adalah pengelolaan keuangan karena menganggap penghasilan masih terlalu minim. Namun disitulah letak masalahnya, semuanya berawal dari sistem yang tidak profesional. Nah beberapa tips mengelola keungan berikut ini sangat cocok bagi pemula yang baru merintis bisnis.

Biasakan!
Hal pertama yang harus ditekankan oleh para startup yaitu membiasakan diri untuk mencatat berbagai pengeluaran dan pemasukan. Jadikan hal tersebut sebagai ‘ritual’ agar bisa sukses di masa depan. Jangan pedulikan jumlah pendapatanmu, yang terpenting kamu membiasakan diri untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran sedari dini. Manajemen keuangan baik itu untuk cashflow atau omzet bulanan juga dapat menjadi panduan saat kamu membutuhkan strategi bisnis. Biasakanlah, maka kamu akan lihat hasilnya lebih cepat!

Pisahkan Uang Pribadi dan Bisnis
Kesalahan yang sering dilakukan pemula lainnya yaitu tidak bisa membedakan antara uang pribadi dan bisnis. Alasannya sangat klasik yaitu karena pendapatan masih minim. Padahal inilah pangkal dari segala permasalahan saat menjalankan bisnis. Dengan mencampuradukan uang pribadi dan bisnis, maka kamu tidak akan tahu sejauh mana progress bisnis kamu. Oleh karena itu untuk kepentingan jangka panjang, sebaiknya pisahkan uang pribadi dan bisnis. Caranya sangat mudah, buat dua rekening bank yang berbeda, satu untuk keperluan bisnis dan satu lagi untuk keperluan pribadi. Tidak apa-apa jika pendapatan masih kecil, yang terpenting kamu sudah kembali kepada poin awal yaitu pembiasaan!

Hemat Dalam Membeli Kebutuhan Operasional Usaha
Usaha bisnis tentunya memerlukan tempat untuk menjalankan berbagai kegiatan usaha, baik itu home office ataupun kantor sesungguhnya. Bagi pebisnis pemula, sebaiknya berhemat terlebih dahulu dalam membeli berbagai kebutuhan operasional usaha seperti penggunaan internet, pulsa ataupun token listrik. Nah salah satu triknya yaitu dengan memanfaatkan promo Tokopedia bebas biaya admin, mengapa? Karena melalui promo Tokopedia ini, biaya untuk membeli token listrik, pulsa, ataupun kuota internet menjadi jauh lebih hemat karena tanpa biaya admin. Jika Anda membeli diluar Tokopedia, maka Anda akan dikenakan biaya admin sehingga harganya pun lebih mahal.

Gunakan Software atau Aplikasi
Jika Anda belum memiliki dana untuk membayar seorang akuntan, maka kamu bisa gunakan software atau aplikasi pencatatan agar proses pengelolaan keuangan lebih efektif lagi. Jika kamu ingin aplikasi atau software pencatatan yang lebih profesional, maka belilah yang versi premium. Namun jika belum memiliki dana, Microsoft Excel juga sudah cukup.

0 comments:

Post a Comment