Friday, March 17, 2017

Pinjaman Online UangTeman VS Doctor Rupiah, Mana Lebih Baik?

Kebutuhan hidup yang meningkat terkadang membuat kita pusing bukan kepalang. Pasalnya, peningkatan kebutuhan hidup tersebut biasanya tidak dibarengi dengan kenaikan taraf hidup masyarakat yang ditandai dengan adanya peningkatan upah/gaji atau penghasilan bulanannya. Jika sudah begini, biasanya kita akan memutar otak mencari segala macam cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Jika kita tak memiliki aset yang cukup untuk diuangkan, maka salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah dengan mencari dana talangan. Meminjam uang dalam hal ini memang bukan merupakan perkara yang mudah. Sebab tak semua orang memiliki uang lebih untuk dipinjamkan, belum lagi jika mereka juga memiliki segudang kebutuhan yang harus dipenuhi. 
Perbandingan Uang Teman dan Doctor Rupiah

 

Di sisi lain, mencari talangan ke bank juga tidaklah semudah yang kita pikirkan. Kamu harus terlebih dahulu memiliki riwayat kredit yang bisa didapat hanya dengan memiliki kartu kredit. Selain itu, prosesnya yang memakan waktu cukup lama bukanlah solusi yang tepat jika kamu sedang dihadapkan dengan kebutuhan mendesak yang harus sesegera mungkin dipenuhi. Artinya, kita membutuhkan jawaban lain yang lebih sesuai dengan kondisi seperti di atas.
 
Beruntungnya, belakangan ini kemunculan layanan pinjaman cepat berbasis online yang dipelopori oleh UangTeman semakin menjamur. Semenjak mereka hadir di Indonesia, banyak juga nama-nama lain yang ikut meramaikan industri pinjaman online yang sama seperti sebut saja Doctor Rupiah. Sebelum beranjak lebih jauh, yuk kenali dulu kedua layanan pinjaman berbasis online ini!
 
UangTeman
Pelopor layanan pinjaman online yang dipayungi oleh PT. Digital Alpha Indonesia ini pertama kali muncul di Indonesia pada awal tahun 2015, tepatnya di bulan April. Pada awal kemunculannya, layanan pinjaman online ini menuai beragam kontroversi bernada negatif karena belum banyak masyarakat Indonesia yang mengerti akan layanan dana talangan cepat berbasis online seperti ini. Namun, seiring perjalanan fakta telah membuktikan sebaliknya. Model bisnis seperti ini merupakan sebuah jawaban atas persoalan urusan finansial mendadak yang acapkali ditemui oleh masyarakat Indonesia dalam kesehariannya. 

Uang Teman


Perkembangan perusahaan ini melesat jauh hanya dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini terbukti dari awal kemunculannya yang hanya melayani masyarakat yang berdomisili di Jabodetabek saja, kini ekspansi bisnisnya sudah ada hampir di seluruh kota-kota besar yang ada di Indonesia. Sebut saja Bandung, Yogyakarta, Magelang, Klaten, Solo, Semarang, Surabaya bahkan yang baru-baru ini diluncurkan yaitu di kota Bali dan Makassar. Bahkan rencananya di tahun 2017 ini, UangTeman berencana untuk terus melakukan ekspansi bisnis di sejumlah kota-kota besar lainnya seperti Palembang, Jambi dan masih banyak lagi. Besarnya minat masyarakat untuk ‘mencicipi’ layanan pinjaman online seperti ini juga dipicu oleh beragam promo yang dihadirkan berupa potongan biaya layanan. Biaya layanan yang dimaksud di sini merupakan biaya resiko dan biaya operasional yang dibebankan kepada nasabah agar dapat memberikan sistem layanan dana talangan yang terbaik.

Doctor Rupiah
Salah satu kompetitor utama UangTeman yaitu Doctor Rupiah yang dipayungi oleh PT. Digital Solutions Indonesia. Kemunculan Doctor Rupiah di akhir tahun 2015 ini sedikit banyaknya mengingatkan kita kepada kompetitor utamanya, UangTeman. 

Secara keseluruhan keduanya sama-sama menawarkan sebuah solusi pinjaman online tanpa jaminan yang memudahkan calon peminjam untuk mendapatkan akses dana talangan mudah tanpa jaminan dengan proses pencairan yang relatif cepat mulai dari 1 hingga 3 hari saja.

Perbandingan Pinjaman Online UangTeman VS Doctor Rupiah
Manakah yang lebih baik di antara keduanya, mari kita bandingkan!
 
Bandingkan!    UangTeman Doctor Rupiah
Biaya Layanan    1% per hari & ada penurunan biaya layanan untuk pinjaman kedua, ketiga, dst    1,3% per hari
Pengisian Aplikasi    5 menit    5 menit
Proses Pencairan    Maks. 2x24 jam & 3-6 Jam untuk yang sudah menjadi nasabah    1x24 jam
Area Layanan    Jabodetabek,Bandung, Surabaya, Gresik , Sidoarjo, Yogyakarta, Klaten, Magelang, Solo, Bali, Makassar     Jabodetabek
Transparansi    Ya    Ya
Biaya Keterlambatan    50 ribu + 10 ribu per hari    Tidak Diketahui
OJK    Sudah Mendaftarkan Diri    Tidak Diketahui
Promo    Banyak    Kurang
 
Pelunasan Lebih Awal    Diperbolehkan setelah masa pinjaman minimal 10 hari dan biaya layanan berkurang    Tidak dibolehkan di bawah setengah periode pelunasan & Tidak diperkenankan jika pinjaman belum 7 hari

UangTeman tidak membebankan biaya administrasi terhadap nasabah saat mengajukan dana talangan, artinya jika kamu meminjam uang senilai Rp 3 juta, maka jumlah uang yang kamu terima masuk di rekeningmu pasti dengan jumlah yang sama yaitu Rp 3 juta tanpa potongan biaya administrasi dan provisi. Meskipun layanan ini menerapkan biaya layanan 1% per hari jika melihat tabel di atas, tentunya jumlah ini masih lebih kecil dibandingkan dengan biaya layanan yang dibebankan oleh Doctor Rupiah. Selain itu jika kamu hendak melakukan pelunasan di awal, UangTeman tak akan membebani nasabah dengan biaya penalti malahan mereka akan memberikan keringanan berupa penurunan biaya layanan sesuai dengan periode talangan yang kamu lakukan dengan minimum periode pinjaman yaitu selama 10 hari. Artinya semakin cepat kamu melunasi pinjaman, akan semakin murah juga biaya layanan yang harus dibayarkan.
 
Sementara itu Doctor Rupiah tidak memperbolehkan nasabah untuk melakukan pelunasan di awal jika belum memasuki 7 hari dari masa pinjaman dimulai dan kamu hanya bisa melakukan pelunasan di awal hanya jika kamu melunasinya setengah periode pelunasan yang sebelumnya kamu pilh. Artinya, UangTeman lebih memberikan fleksibilitas pelunasan pinjaman jika dibandingkan dengan Doctor Rupiah. Bahkan jika kamu merupakan nasabah yang baik, mereka memiliki komitmen baik berupa penurunan biaya layanan. Contohnya seperti ini, di pinjaman kedua, kamu hanya akan dibebankan biaya layanan 0,9% per hari, di pinjaman ketiga kamu akan dibebankan biaya layanan sebesar 0,8% per hari, dan di pinjaman keempat dan seterusnya kamu hanya akan dibebankan biaya layanan sebesar 0,75% per hari. Belum lagi jika ada promo, kamu bisa mendapatkan potongan biaya layanan hingga 50% sehingga hanya dibebankan biaya layanan sebesar 0,5% per hari.

Saat inipun, UangTeman telah mendaftarkan diri ke Otoritas Jasa Keuangan setelah OJK yang pada Desember 2016 lalu baru saja mengeluarkan regulasi mengenai Industri Pinjaman Online di Indonesia. Sehingga kamu tak perlu takut jika meminjam dari UangTeman, sebab semua aktivitas dan layanan pinjaman yang diberikan oleh UangTeman selalu diawasi oleh OJK.
 
Nah, dari perbandingan di atas kamu bisa menyimpulkan sendiri manakah produk finansial yang terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. Berpikir logis dan bijak dalam mengambil keputusan finansial tentu akan menyelamatkanmu dari keterpurukan perkara finansial yang akan datang di masa depan. Dan hendaknya kamu selalu membuat keputusan cerdas dengan meminjam uang hanya untuk keperluan produktif ketimbang keperluan konsumtif yang tak masuk daftar skala prioritasmu!

0 comments:

Post a Comment