Tuesday, January 3, 2017

Cara Membuat Spa Di Rumah

spa

Spa merupakan tempat yang cocok untuk mengistirahatkan diri dan membuang lelah saat sehabis berkerja, tapi sangat sulit untuk menemui tempat yang memiliki spa. Oleh karena itu sebaiknya anda mengikuti tips berikut jika ingin membuat spa di rumah sendiri, seperti yang rdzme.com kutip dari liputan6.
Mengisi waktu luang di akhir pekan dengan memanjakan diri tentu menyenangkan. Bagi Anda yang mendambakan kecantikan diri setiap saat, rutinitas ini bahkan sudah menjadi agenda wajib di akhir pekan bukan?

Saat ini sarana spa yang lengkap hanya terdapat salon-salon kecantikan. Namun, untuk mendapatkan fasilitas spa yang nyaman biasanya membutuhkan biaya yang tidak murah.

1. Cerdas memilih jenis Bathtub

Bathtub merupakan fasilitas penting untuk menciptakan sensasi spa yang nyaman. Akan tetapi bathtub yang nyaman tidak selalu mewah dengan ukuran besar. Jika Anda memiliki kamar mandi berukurang mungil, bathtub bergaya Japanese Soaking Tub bisa menjadi referensi Anda.

Dilansir dari dwell.com, Japanese Soaking Tub merupakan bathtub tradisional masyarakat Jepang yang biasa digunakan di luar rumah selama musim panas. Jika Anda berkunjung ke Negeri Sakura, jenis bathtub ini kerap ditemukan pada kuil-kuil kepercayaan Shinto. Namun seiring waktu jenis bathtub ini juga cukup populer ditempatkan di ruangan tertutup. Bathtub jenis ini ukurannya hanya 1,5 meter x 1 meter.

2. Perhatikan kondisi air

Jika bathtub sudah siap berisi air, sebaiknya Anda juga harus memperhatikan ramuan untuk spa ke dalam air. Rempah-rempah, mandi susu, atau aromaterapi haruslah dicek terkait kadar kalsium, klorin, alkalin, bromina dengan seksama menggunakan alat test pack khusus untuk spa.

Ada tips menarik yang dilansir dari wikihow.com, cara untuk mengatur sekaligus mengecek kadar bahan ramuan dalam air di bathtub.

Setiap ramuan haruslah dimasukkan satu persatu dengan waktu jeda kurang lebih 2 jam. Kemudian dilanjutkan dengan memasukan ramuan yang lain.

Setelah semuanya larut, tunggu 15 menit. Barulah Anda bisa memulai mengukur suhu air, kadar ph, klorin, alkalin, bromina dari rempah-rempah larutan tersebut. Dari hasil pack nanti akan terlihat apakah rempah-rempah yang baik untuk Anda atau tidak. Salah satu kelebihan memiliki spa di rumah adalah Anda bisa mengontrol kebersihan dan kesehatan untuk Anda sendiri.

3. Ciptakan suasana visual yang nyaman

Berendam tentu harus ditunjang dengan suasana yang nyaman, terutama dalam hal pemandangan. Lalu, bagaimana caranya menghadirkan pemandangan yang membuat rileks di dalam ruang tertutup, apalagi kamar mandi berukuran kecil?

Untuk masalah ini, Anda bisa menciptakan suasana nyaman sendiri dengan mengecat dinding kamar mandi menggunakan warna-warna alam seperti hijau, abu-abu, dan cokelat. Selain Anda akan merasakan sensasi alam, Anda juga bisa merasakan suasana yang tenang.

Selain faktor warna dinding ruangan, penerangan lampu juga mendukung penciptaan visual yang nyaman. Karena pada dasarnya lampu juga yang akan memberikan efek lain terhadap unsur warna tadi. Berbagai lukisan atau pajangan indah juga bisa Anda pasang di sekitar ruangan. Namun, tidak disarankan untuk memasang pajangan atau lukisan yang berukuran lebar. Hal ini justru akan memberikan kesan sempit dan penat pada ruangan.

4. Gunakan unsur alam di ruangan

Salah satu unsur alam di ruangan adalah lantai kayu (parket). Selain memberikan kesan alam, elemen ini juga berguna untuk menyerap air. Sehingga ketika Anda selesai berendam, lantai tidak akan basah karena kucuran air dari tubuh Anda.

5. Sentuhan aromaterapi

Terakhir, Ada baiknya Anda memasang aroma terapi di sekitar bathtub. Aroma terapi berbentuk lilin-lilin kecil ini sangat membantu Anda untuk merelaksasikan pikiran ketika berendam di dalam bathtub. Selain itu juga Anda akan merasakan suasana hangat meski harus berendam dengan waktu yang lama.

1 comment: