Tuesday, November 8, 2016

Trik Buat Yang Malas Olahraga

Malas Olahraga

Untuk orang seperti saya yang sering lupa atau malas melakukan olahraga rutin, harus susah payah mencari cara agar bisa bersemangat berolahraga. Pasalnya, kondisi badan tentu akan berbeda ketika saya berolahraga dengan yang tidak. Akhirnya, berbagai cara saya lakukan seperti memilih olahraga yang disukai, menyusun jadwal, mengajak teman atau melengkapi peralatan untuk olahraga.

Pertama, saya pernah mencoba untuk ikut salah satu cabang olahraga bela diri. Niatnya sih buat belajar cara melindungi diri kalo sewaktu-waktu ada ancaman bahaya dan tentu saja sekalian olahraga. Awal-awal mengikuti kegiatan, sangat bersemangat sekali, segala perlengkapan mulai dari baju khusus dan sabuk sudah dibeli. Latihan dilakukan minimal 2 kali seminggu pada waktu sore. Seperti pada olahraga umumnya, sebelum masuk keinti latihan, pasti ada pemanasan terlebih dahulu seperti lari dan melakukan gerakan ringan guna melenturkan otot. 

Saya menyukai mempelajari berbagai teknik bela diri yang diajarkan, mulai dari teknik pertahanan, menyerang , melatih pukulan hingga tendangan. Semuanya dipelajari secara bertahap. Selama beberapa bulan mengikuti latihan secara rutin, saya memang merasakan kondisi fisik yang berbeda. Keadaan tubuh menjadi lebih ringan dan enteng saat saya bisa melakukan olahraga secara rutin. Sistem metabolisme pun menjadi lebih baik, saya menjadi lebih cepat haus dan banyak mengkonsumsi air putih. Ini tentu sangat baik bagi tubuh dan pencernaan. Berbeda sekali ketika dulu saat masih malas berolahraga, tubuh menjadi lebih cepat lelah.

Namun, sayangnya meski saya sangat menyukai olahraga bela diri yang saya geluti, terkadang fisik saya tidak cukup kuat mengikuti latihan yang semaki berat. Ini membuat saya sedih dan akhirnya memutuskan untuk berhenti dan mencoba olahraga lain yang lebih cocok untuk saya.

Untunglah, saat itu teman saya mengajak untuk mengikuti olahraga pagi disebuah tempat yang memang sering dikunjungi banyak orang setiap minggu pagi untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga seperti senam atau lari. 

Melakukan olahraga di minggu pagi ternyata tidak mudah, apalagi itu merupakan hari libur yang seringkali digunakan untuk bersantai. Jadi, untuk bisa bangun pagi walau hanya sekedar lari, sungguh berat sekali. Untuk mengatasi rasa malas, saya memasang weker agar bisa terbangun, tidak lupa untuk memberi pesan kepada kawan yang sudah janjian mau lari pagi, untuk membangunkan jika seandainya weker tidak cukup ampuh membangunkan saya yang sedang asik tertidur pulas.

Selain pasang weker, agar lebih semangat lari pagi, saya mengajak teman-teman lain untuk ikut juga. Biasanya semakin banyak teman yang ikut, maka semakin rame dan bersemangat pula untuk berolahraga. 

Untuk menuju ke lokasi yang berupa lapangan luas yang terletak tepat di depan kantor walikota, setidaknya diperlukan waktu setengah jam berjalan kaki dari tempat tinggal saya tinggal. Well, untuk menuju lapangan saja sudah benar-benar menguras keringat. 
Trik lainnya agar bersemangat melakukan olahraga lari adalah dengan menggunakan perlengkapan yang dapat menunjang percaya diri seperti baju olahraga dan juga sepatu yang nyaman. Ga enak kan kalo misalnya pas lari keadaan kaki terasa tidak nyaman akibat salah pakai sepatu. Oleh karena itu, saya memilih untuk menggunakan sepatu khusus olahraga lari. 

Kebetulan saya saat itu membeli sepatu Nike Air Max. Selain karena memang sangat nyaman dipakai, sepatu ini juga sangat stylish jadi pas lari bisa sekalian pamer sepatu hehe…

Well, dengan berbagai trik dan usaha demi bisa melakukan olahraga rutin, setidaknya cukup berhasil walaupun hanya seminggu sekali. Ya, lebih baik daripada tidak sama sekali bukan?! Kalau kamu, sukanya olahraga apa?  Silahkan beri jawaban di komentar bawah ini ya :)

0 comments:

Post a Comment