Wednesday, November 16, 2016

Cara Membeli Komputer Rakitan Yang Aman

Pc Rakitan

Membeli komputer rakitan memang memberikan keuntungan tersendiri. Harga yang lebih murah bisa jadi alasan utama. Tetapi tidak hanya itu, dengan membeli komputer rakitan kita bisa memilih spesifikasi yang diinginkan. Dalam pemilihan spesifikasi ini, memang diperlukan beberapa pengetahuan khusus. Tetapi pengetahuan tersebut tidaklah terlalu sulit dan bisa dipelajari oleh orang awam sekalipun. Selain itu, penjual komputer pun pasti akan memberikan bantuan untuk memudahkan calon pembeli. Hanya dibutuhkan sedikit informasi saja, maka kita pun akan mengetahui cara membeli komputer yang bagus dan aman.

Keuntungan Membeli Komputer Rakitan
Membeli komputer tentu akan berbeda dengan membeli laptop. Dalam pembelian komputer kita diberikan dua pilihan apakah membeli komputer built-up ataukah komputer rakitan. Komputer buit-up merupakan komputer yang sudah dirakit dengan resmi oleh pabrik atau perusahaan pembuat komputer. Pembeli tidak dapat memilih sendiri spesifikasi yang diinginkan karena sudah diproduksi dalam 1 set utuh. Beberapa pabrik yang membuat komputer built-up diantaranya adalah Dell, Apple, IBM, Asus dan Lenovo.  

Sebuah komputer built-up akan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan komputer rakitan dengan spesifikasi yang sama. Tetapi harga yang murah tidak menjadi satu-satunya keuntungan membeli komputer rakitan. Servis yang mudah menjadi kelebihan lainnya. Karena jika terjadi kerusakan, maka bagian yang mengalami kerusakan saja yang akan diganti. Selain itu, komputer ini mudah dibersihkan dan diganti casingnya. Untuk tiap-tiap bagiannya ada garansi tersendiri yang bisa kita dapatkan sesuai dengan kerusakan yang terjadi. 

Keuntungan lain dari komputer rakitan adalah mudah untuk di upgrade dan dimodifikasi. Kita bisa menyesuaikan kemampuan komputer sesuai dengan kebutuhan serta fungsinya. Misalnya untuk menyimpan file-file yang berukuran besar, maka kita bisa meningkatkan kapasitas hardisknya. Jika komputer tersebut diperlukan untuk merender, maka kita bisa mengganti prosesornya dengan yang lebih baik. Dan jika kita ingin banyak bermain game, maka VGA komputerlah yang di upgrade. Semua modifikasi tersebut tidak akan merusak garansi bagian-bagian lainnya.    

Tips Membeli Komputer Rakitan
Kesalahan dalam membeli komputer rakitan bisa saja terjadi. Membeli bagian-bagian yang sebenarnya tidak diperlukan bisa membuat harga keseluruhan menjadi lebih mahal. Spesifikasi yang berbeda dari harapan tentu bisa sangat merugikan. Hardware berkualitas rendah dapat menyebabkan kinerja komputer secara keseluruhan juga terhambat. Karena itu, diperlukan tips membeli komputer rakitan yang dapat memberikan informasi tepat cara memilih bagian-bagian komputer, termasuk juga untuk monitor dan keyboard. Tips tersebut akan membantu pembelian bagian-bagian komputer, yang meliputi:

1. Prosesor
Prosesor menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah komputer. Prosesor akan menentukan kemampuan kerja dan juga kecepatan komputer. Ada beberapa merk prosesor komputer, diantaranya adalah Intel dan AMD. Intel sendiri mengeluarkan berbagai tipe dengan kemampuan yang beragam. Misalnya Intel Atom yang biasa digunakan untuk pekerjaan ringan. Sedangkan Intel Dual Core mampu mengerjakan berbagai pekerjaan berat dan telah menjadi pilihan banyak pengguna komputer. AMD juga menjadi prosesor yang banyak digunakan, walaupun kualitasnya berada di bawah Intel. 

2. Hardisk dan RAM
Hardisk menjadi bagian hardware yang berfungsi menyimpan data dan melakukan pemrosesan. Hardisk ada bermacam-macam jenisnya, dengan kapasitas dan kecepatan yang juga beragam. Jangan membeli hardisk dengan kapasitas di bawah 320 GB karena kemampuannya sangatlah rendah. Hardisk yang lebih besar akan mampu menyimpan data lebih banyak dan juga membuat proses kerja komputer menjadi lebih cepat. Sedangkan untuk RAM, kemampuannya bisa dilihat dari kapasitas yang dimiliki. RAM yang akan membuat kerja komputer optimal paling tidak memiliki kapasitas 2 GB. 
3. Sistem operasi
Sistem operasi atau OS memiliki kontribusi yang cukup lumayan pada perhitungan harga saat membeli komputer. Karena itu, komputer yang dibeli tanpa sistem operasi harganya harus lebih murah. OS yang tidak original juga memiliki harga yang jauh lebih rendah. Sedangkan OS yang original tentu akan bisa bekerja dengan lebih baik dan juga jauh dari masalah. Memilih sistem operasi sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi komputer yang dirakit. Jangan memilih sistem operasi terbaru yang sangat canggih jika prosesor, RAM ataupun hardisk-nya tidak menunjang.  

4. Slot disket dan DVD RW
Slot disket menjadi bagian komputer yang bisa Anda beli ataupun tidak. Saat ini disket memang sudah tidak digunakan lagi. Jadi jika Anda merasa tidak membutuhkannya, sebaiknya jangan membelinya agar dapat menghemat biaya. Sedangkan untuk DVD RW tentu masih dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Perangkat ini dapat digunakan untuk membaca disk maupun melakukan burning DVD/CD. Tetapi Anda tidak perlu membeli DVD RW ini bersamaan dengan hardware yang lain, karena komputer tentu masih bisa berfungsi walaupun belum memiliki DVD RW. 

5. Monitor
Kalau dulu kita hanya mengenal monitor tube atau CRT untuk komputer, kini ada pilihan monitor LCD, LED, Plasma dan OLED. Monitor LCD menghasilkan kualitas display yang lebih baik dari CRT karena tersusun oleh cairan kristal. Monitor LED yang merupakan pengembangan dari LCD memiliki kualitas maupun variasi warna yang lebih banyak. Sedangkan monitor plasma memberikan keunggulan monitor LCD yang tipis, tetapi dengan sudut pandang selebar CRT. Yang terakhir adalah monitor OLED yang lebih flexible dengan ketipisan dibawah 1 mm.   

6. Keyboard
Membeli komputer bekas ataupun baru tentu tidak bisa dilepaskan dari keyboard. Ada beberapa jenis keyboard, yang salah satunya adalah keyboard Serial. Keyboard untuk komputer jenis AT ini memiliki 5 jarum yang akan menghubungkannya dengan komputer. Berikutnya adalah keyboard PS/2. Jenis inilah yang paling banyak dipakai. Keyboard ini sesuai untuk komputer ATX. Keyboard USB bisa menjadi pilihan untuk komputer maupun laptop, karena pemasangannya dilakukan pada slot USB. Keyboard lain yang bisa dipilih adalah keyboard tanpa kabel atau wireless. 

7. Garansi komputer
Selain bagian-bagian komputer, garansi menjadi hal penting lainnya yang perlu mendapat perhatian khusus saat kita membeli komputer. Tiap-tiap perangkat yang kita beli seharusnya memiliki garansi yang resmi dan akan lebih baik lagi jika ada garansi toko. Keuntungan dengan adanya garansi toko adalah kita bisa mendapatkan barang yang baru jika dalam jangka waktu tertentu barang yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan kondisi yang seharusnya. Selain jenis, lamanya garansi juga harus diperhitungkan. Garansi komputer paling tidak bisa berlaku selama satu tahun.  

Dengan ketujuh tips diatas, diharapkan kita mampu membeli komputer rakitan dengan aman. Sebagai pembeli kita memang seharusnya tidak menerima barang yang bisa jadi sampah dan menghambat kerja komputer. Tetapi jika Anda membeli komputer ataupun bagian-bagiannya di Bhinneka.com, Anda tentu tidak perlu merasa khawatir. Karena webstore yang satu ini memang tempatnya belanja online secara aman. Fasilitas cicilan dan bebas ongkos kirim pun bisa didapatkan untuk produk-produk tertentu. Bhinneka.com memang selalu memberikan nilai tambah bagi setiap layanannya. 

0 comments:

Post a Comment