Saturday, November 26, 2016

6 Cara Mencuci Botol Susu Bayi Yang Benar & Bersih

Botol Susu Bayi

Mengapa dalam hal mencuci botol susu bayi tidak boleh sembarangan? pertanyaan semacam ini mungkin pernah muncul dibenak anda. 

Perlu diketahui bahwa sistem imun bayi belumlah sempurna dan sangat rentan terhadap berbagai jenis penyebab penyakit seperti bakteri dan virus. Oleh karena itu, segala peralatan makan dan minum bayi, hendaknya higienis dan bebas dari bakteri. Hal ini penting untuk diperhatikan agar kebersihan botol tetap terjaga dan selalu steril.

Bagi yang masih belum mengetahui bagaimana cara membersihkan botol susu bayi yang baik dan benar, silahkan ikuti langkah-langkah mencuci botol bayi di bawah ini:

1) Sediakan Bahan Pembersih
Sebelum mulai mencuci botol susu bayi, sediakan terlebih dahulu bahan pembersihnya seperti sabun cair antibakteri, jangan lupa sikat botol.

2) Gunakan Air Hangat
Agar kuman dan bakteri yang ada dalam botol susu bayi bisa mati dan hilang, maka gunakan air hangat saat mencuci dan membilas. Lepaskan bagian atas botol, puting karet, tutup dan botolnya agar mudah dibersihkan dan kerak yang tersisa bisa lepas.

3) Gunakan Tempat Mencuci Yang Bersih
Apabila anda menggunakan westafel sebagai tempat membersihkan botol susu maka bersihkan terlebih dahulu westafelnya. Gosok permukaan westafel dengan spon dan sabun pembersih, buang sisa-sisa kotoran yang mungkin tertinggal dan terendap pada filter, gosok pula pada bagian kran westafel. Anda bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri untuk membunuh bakteri yang ada di sekitar westafel.  

4) Pakai Sikat Botol
Isi westafel yang sudah dibersihkan dengan air panas, tambahkan dengan beberapa tetes sabun Sunlight Plus Anti Bakteri selanjutnya rendam botol kurang lebih 5 menit kemudian angkat botol susu. Sikat bagian dalam dan luar botol menggunakan sikat khusus. Perhatikan sisi, bagian dasar botol dan juga puting karet, apabila terdapat kotoran yang masih melekat bersihkan hingga benar-benar bersih.

5) Bilas 
Bila sudah disikat, bilas semua pelengkapan botol susu bayi menggunakan air hangat. 

6) Tempatkan Pada Rak Yang Bersih Dan Sejuk
Keringkan botol susu bayi dengan cara tempatkan pada rak atau tempat terbuka yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar botol cepat kering. Selain itu, perhatikan pula kebersihan rak tersebut agar botol yang sudah dibersihkan tidak kotor lagi. Botol susu bayi sudah bersih dan siap digunakan kembali. 

0 comments:

Post a Comment