Wednesday, November 23, 2016

4 Wisata Kebun Anggur di Indonesia, Tergiur Mencicipi Anggur Segar dari Pohonnya

Wisata Anggur

Anggur adalah buah yang memiliki cita rasa mewah. Rasa masam dan rasa manisnya berpadu menciptakan rasa unik nan eksotis, sehingga buah ini pun bisa menghasilkan minuman lezat yang diunggulkan di seluruh dunia. Jenis-jenis anggur bermacam-macam dan tersebar di berbagai negara. Anggur yang dihasilkannya pun punya keunggulan masing-masing, tergantung pada lokasi tumbuh dan waktu berkembangnya.

Selain rasa buahnya lezat, kebun anggur juga sangat cantik dan menarik bila dikunjungi, Anda bisa berjalan menyusuri pohon-pohon anggur di sisi kanan-kiri dengan buah-buahnya yang menjuntai melimpah ruah sejangkauan tangan Anda. Anda pasti tergiur melihatnya, apalagi kalau Anda diperbolehkan memetik dan menikmati kelezatannya langsung dari pohon.

Pengalaman asyik ini membuat kebun-kebun anggur mulai dilirik wisatawan. Mereka ingin mengalami dan merasakan kenikmatan buah anggur langsung dari alam, dan bukan dari toko buah atau supermarket seperti biasanya. Di sini, pengunjung boleh membeli buah anggur segar sebanyak-banyaknya yang mampu dipetiknya. Kalau jenis anggurnya khusus diolah menjadi minuman, pengunjung bisa mencoba beraneka produk minuman anggur dan produk anggur lainnya hasil perkebunan tersebut. Atau Anda ingin sekedar menikmati pemandangan sambil berfoto-foto, itu pun tidak dilarang. Anda bisa segera beli tiket pesawat online untuk pergi ke tempat-tempat ini.

Beberapa perkebunan anggur terbesar memang tersebar di negara-negara seberang, dan Perancis menjadi penghasil anggur nomor satu di dunia. Tapi Indonesia juga punya sejumlah kebun anggur yang produksi buahnya tidak kalah dengan produk anggur dari negara lainnya, jadi Anda tidak perlu jauh-jauh mencarinya.

Nah, di mana lokasi-lokasi potensial yang cocok untuk mengembangkan varietas buah bercita rasa mahal ini di Indonesia? Kunjungi! Maka Anda bakalan mendapatkan pengalaman tak terlupakan.

1.   Probolinggo, Jawa Timur
Probolinggo adalah daerah terbaik penghasil anggur di Indonesia. Daerah sekitarnya di Jawa Timur yang juga masih terbilang potensial untuk mengembangkan anggur adalah Kediri, Pasuruan, dan Situbondo, namun predikat julukan Kota Anggur tetap jatuh kepada Probolinggo. Di kota ini, pernah terdapat 90 jenis anggur bermutu dihasilkan, dan jumlah itu menjadi yang terbesar di Indonesia pada masanya. Sayangnya, akibat minim perawatan, kini tinggal tersisa sekitar 37 jenis anggur saja yang masih bertahan di Kabupaten Probolinggo.

Anggur Probolinggo yang umum dikembangkan yaitu Red Prince, Cardinal, dan Probolinggo Super. Ciri-ciri buahnya rata-rata berwarna merah dan rasanya manis. Anggur-anggur produksi Kota Anggur ini juga diolah menjadi produk sirup dan sari buah anggur.

2.   Puputan, Singaraja, Bali
Akibat krisis keuangan nasional di waktu lampau, harga minuman impor melambung tinggi, di mana berdampak pada para pelaku industri pariwisata Bali, yang hampir kesemuanya menyajikan minuman impor kepada wisatawan mancanegara. Keadaan ini lantas memicu wisausahawan asal Bali, Gde Sumarjaya Linggih, membuka perkebunan anggur untuk membuat minuman anggur lokal bernama Indico Wine Bali. Ia merangkul seorang ahli tanaman anggur asal Inggris untuk membantu mengembangkannya.

Kini, perkebunan anggur miliknya berhasil membuahkan anggur yang berkualitas dan merek minuman lokal produksi kebun ini cukup dikenal dunia sebab cita rasanya unik dan segar. Di tempat ini, Anda bisa melihat proses perjalanan anggur sejak dipetik hingga menjadi minuman berkualitas misalnya white wine, red wine, bir, whiski, cognac, dan lain-lainnya. Produk-produk minuman hasil perkebunan ini lalu didistribusikan ke seluruh hotel dan restoran di Bali. Perkebunan anggur ini pun punya pemandangan indah dan hawa sejuk yang layak Anda nikmati untuk refreshing.

3.   Palu, Sulawesi Tengah
Buah anggur Palu warnanya hitam, besar-besar, dan rasanya manis, sungguh menggugah selera ketika melihatnya. Pamor anggur Palu sudah dikenal sejak tahun 1980an. Bahkan di Palu Barat, tepatnya di Kelurahan Boyaoge, hampir setiap rumah menanam pohon anggur. Di Boyaoge juga terdapat sebuah jalan bernama Jalan Anggur yang masih dipenuhi kebun-kebun anggur, maka tak heran kalau anggur dulu pernah menjadi ikon Kota Palu.

Kualitas anggur yang dihasilkan daerah ini boleh dibilang termasuk kualitas kedua terbaik di dunia. Banyak pemesan bibit dari luar daerah misalnya Gorontalo, Jakarta, dan Maluku. Gerakan budidaya anggur di Palu sendiri dimulai sejak tahun 1980an, ketika Gubernur Sulawesi Tengah kala itu memerintahkan supaya setiap halaman rumah yang kosong ditanami anggur. Namun, kini keberadaan kebun-kebun anggur di Palu nyaris hilang akibat pembangunan properti rumah. Jenis anggur yang dibudidayakan di Palu adalah anggur dari Probolinggo, yang lebih dikenal di pasaran sebagai anggur Probolinggo Hitam.

4.       Besuki, Situbondo, Jawa Timur
Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, tepatnya di Besuki dan sekitarnya, juga memiliki beberapa kebun anggur eksotis berjenis Green Belgiy, Red Prince, Black Caroline, Muskato Yellow, Situbondo Kuning, dan beberapa jenis lainnya, bahkan jenis yang langka juga ada seperti Ruby Seedless dan Cinsiang Ijo. Kalau tertarik, Anda bisa membeli bibitnya langsung pada saat berkunjung, atau membelinya secara online. Penjualan bibit-bibit anggur ini kini semakin meluas berkat adanya perangkat internet.

Anda semakin penasaran mencicipi anggur-anggur yang menggiurkan ini dari pohonnya? Yuk, rencanakan liburan Anda untuk main-main ke kebun anggur. Anda bisa lihat dan buktikan sendiri, bahwa buah anggur yang bermutu tak hanya berasal dari anggur impor saja, sebab anggur-anggur hasil bumi nusantara pun tak kalah enak rasanya dan patut dibanggakan.

Cek tiket pesawat online di situs pemesanan tiket online, dan raih harga promo menuju destinasi wisata kebun anggur incaran Anda.

0 comments:

Post a Comment