Tuesday, October 18, 2016

4 Jenis Usaha Pertanian Yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Usaha Pertanian

Inilah Jenis Usaha Pertanian Yang Menjanjikan Keuntungan BesarBanyak orang yang sering bingung ketika ingin memulai suatu usaha, apalagi jenis usaha yang bergerak dalam bidang pertanian. Padahal, dengan keadaan alam Indonesia yang subur serta kaya, banyak peluang usaha pertanian yang bisa dijalankan. Berikut ini beberapa jenis usaha yang mungkin bisa anda jalankan. 

1. Jual Bibit Tanaman
Peluang usaha pertanian yang menjanjikan dan patut dicoba adalah jual bibit tanaman. Jika anda ahli dalam mengelola pembibitan berbagai jenis tanaman, ini merupakan usaha yang sangat cocok. Tidak banyak orang yang menjalankan bisnis ini karena memang diperlukan skill serta ketelatenan dalam mengelolanya, namun jika bisa menjalankannya dengan baik, keuntungan yang didapat cukup besar. 

2. Bercocok Tanam Sayuran
Kebutuhan akan sayur-mayur hampir tidak pernah sepi, berbagai jenis sayuran bisa dengan mudah ditanam apalagi kini sudah banyak yang mengembangkan teknologi penanaman hidroponik. Saat ini, makin banyak orang yang tertarik untuk membeli sayuran organik sehingga dari waktu ke waktu permintaan akan aneka sayur organik semakin tinggi. Ini tentu bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan jika anda bisa mengelolanya dengan baik.
Cakupan pasar untuk sayur-sayuran cukup luas, mulai dari kalangan bawah hingga atas, serta bisa dijual di pasar tradisional hingga supermarket. Tinggal bagaimana pelaku usaha mengelolanya, anda juga bisa lebih fleksibel dalam mengatur keuntungan yang ingin diperoleh.

3. Fokus Jual Satu Produk Pangan
Bagi para pemula yang ingin bergelut dalam usaha pertanian, ada baiknya memulai usaha dengan fokus menjual satu produk pangan. Bisa memilih satu jenis pangan, seperti sayur, buah, rempah atau jenis bahan pokok. Misalnya anda memilih untuk menanam jagung, fokuslah untuk mengelola usaha ini hingga lambat laun anda bisa membangun brand sendiri. Pilihan lainnya adalah, anda bisa menjalankan usaha ini dengan melakukan kerjasama dengan orang lain, menggunakan sistem kelompok.

4. Jual Rempah-rempah
Tidak hanya sayur dan buah saja yang banyak dicari, bahan rempah-rempah juga. Aneka bahan rempah dari Indonesia cukup tinggi permintaannya, dari dalam maupun luar negeri. Banyak yang memerlukan bahan rempah untuk pembuatan makanan,  obat tradisional dan lainnya. Salah satu yang sering dicari adalah bawang merah dan putih. Jika tertarik dengan usaha ini, anda bisa mencoba untuk menanam satu jenis rempah yang kira-kira laku di pasaran.

Semoga info yang rdzme hadirkan diatas bisa menjadi inspirasi usaha bagi anda pembaca sekalian!

0 comments:

Post a Comment