Monday, August 8, 2016

Tips Kamar Mandi Minimalis

Penting Tips Kamar Mandi Minimalis - Selain perabot, warna dan desain interior rumah minimalis , salah satu hal yang penting dari sebuah rumah ialah kamar mandi atau toilet & wc. Kamar mandi menjadi tempat pribadi bagi setiap penghuninya. Bisa juga kamar mandi dijadikan sebagai tempat menghabiskan momen "me time" yang tentu harus nyaman dan bersih. Kali ini kami RDZME.com ingin memberikan beberapa tips kamar mandi minimalis rumah anda.

Tips Kamar Mandi Minimalis



Terkadang kita belum terlalu menganggap penting desain kamar mandi tersebut. Padahal, ritual mandi dapat kita gunakan sebagai sarana relaksasi setelah beraktivitas, sehingga energi dan mood kita kembali terangkat.

Mendesain kamar mandi minimalis sehat yang sesuai dengan gaya modern dan tropis adalah tantangan tersendiri. Agar aliran udara lancar, ruangan harus setengah terbuka. Dan karena setengah terbuka, sinar matahari pun dapat masuk dengan bebas. Kamar mandi setengah terbuka juga sangat ideal bagi Anda yang hobi merokok. Dengan desain setengahterbuka, Asap rokok akan segera terbawa aliran udara keluar kamar mandi, sehingga kualitas udara di dalam kamar mandi tetap terjaga.

Kamar Mandi Minimalis Modern Tropis
Biasanya pada kamar mandi modern terdapat pemisahan area kering dan basah, serta didesain lebih luas dan simpel. Lantas, seperti apa idealnya kamar mandi modern tropis itu? "Kelebihan Iklim tropis yang identik dengan cahaya matahari dan udara segar sepanjang tahun, membuat hubungan kita dengan alam bisa lebih dekat. Khusus kamar mandi, pencahayaan dan penghawaan alami sangat penting. Tujuannya untuk menghindari ruangan dari lembap, sehingga kamar mandi menjadi sehat, gampang dibersihkan, bebas jamur, dan tidak menjadi sarang nyamuk," kata Budi Pradono, dari Budi Pradono Architects.

Pemandangan yang ramah terhadap ruang luar di dalam kamar mandi memberikan perasaan rileks dan menyegarkan. Tambahkan pergola yang ditutupi tanaman merambat pada dinding kamar mandi, maka kita akan merasakan keakraban dengan alam.

Elemen-elemen Dasar Kamar Mandi
Untuk membuat kamar mandi minimalis, kita harus mempersiapkan beberapa elemen dasar serta beberapa aksesori pelengkap. Elemen dasar dari kamar mandi modern adalah shower, bathtub, kloset, serta wastafel.Ada berbagai macam jenis dan bentuk shower. Fungsi utama dari sebuah shower adalah untuk membersihkan tubuh. Desain semburan airnya pun bermacam-macam. Ada yang didesain agar semburan airnya halus layaknya air hujan, ada pula yang sem-burannya bertekanan, bagus untuk melancarkan peredaran darah kita. Ada pula shower yang dadat diatur kuat semburannya.

Dari sisi peletakan, shower dapat diletakkan di dalam bathtub atau memiliki area sendiri. Bila Anda ingin shower memiliki area sendiri, tak salah bila Anda menambahkan tempat duduk dari bahan batu atau keramik, agar lebih dekat ke nuansa alam. Semua itu tergantung selera.Bathtub memiliki fungsi utama sebagai alat untuk melakukan kegiatan berendam, yang umumnya untuk tujuan relaksasi. Intinya, pilihlah bentuk bathtub yang nyaman untuk ukuran badan Anda. Tidak terlalu kecil, tapi tidak juga terlalu besar Ada bermacam bentuk bathtub yang ada di pasaran. Mulai dari bulat, oval, persegi, sampai yang bersisi banyak. Selain itu, pilihlah bathtub dengan bahan yang mudah dibersihkan, seperti resin, keramik, atau batu marmer solid. Lagi-lagi semua ini tergantung selera.

Kebersihan kloset sangat berpengaruh pada kenyamanan ruang kamar mandi secara keseluruhan. Yang penting diperhatikan adalah pipa air bersih dan air kotor. Bila salah satu dari kedua pipa tersebut bocor, selain dapat mengundang nyamuk, kamar mandi pun menjadi kurang sehat.Wastafel adalah elemen ke empat dari sebuah kamar mandi modern. Bila ruang kamar mandi cukup luas, tak ada salahnya untuk memasang dua buah wastafel sekaligus. Ini cara yang efektif,karena dapat digunakan oleh dua orang secara bersamaan. Bahan dasar yang paling digunakan untuk wastafel adalah keramik dan stainless steel. Tapi tak ada salahnya menggunakan wastafel yang terbuat dari bahan lain, seperti kaca, marmer, atau batu alam lainnya, agar kamar mandi tampak segar dan unik tapi tetap modern.

Aksesori Pelengkap Di Kamar Mandi
Secara umum, aksesori pelengkap kamar mandi yang hampir wajib ada dua, yaitu cermin dan lemari atau rak penyimpanan. Rak penyimpanan dalam kamar mandi berfungsi untuk menyimpan handuk, sikat gigi, alat kosmetik, tisu, atau segala benda yang berhubungan dengan ritual mandi. Peletakan cermin, rak penyimpanan dengan wastafel, dapat menjadi aksen desain yang menarik.Pembatasan yang jelas antara area kering dan basah sangat penting dalam kamar mandi modern. Umumnya area basah dalam kamar mandi modern adalah area shower dan bathtub. Untuk membatasi area basah, kita dapat menggunakan kaca tahan embun. Batang-batang bambu yang dipasang sejajar dan rapat pun dapat menjadi alternatif lain.

Material Kamar Mandi Minimalis
Pilih yang mudah dibersihkan, tidak licin, tahan air, tahan panas dan tidak berembun. Karakteristik tersebut harus ada pada material untuk lantai kamar mandi. Bahan batu alam biasanya dapat memenuhi persyaratan tersebut. Alternatif lain adalah vinyl, linoleum, dan karet. Material tersebut tidak licin, lembut, dan hangat.Dinding kamar mandi perlu dilapisi dengan keramik atau marmer, karena kelembapan dan jamur seringkali merusak dinding, terutama dinding di area basah seperti area shower, bathtub. dan wastafel. Keramik atau marmer dengan warna terang dapat memberikan kesan ringan, segar, dan stylish.

Selain pencahayaan alami, kamar mandi juga membutuhkan pencahayaan tambahan dari lampu listrik. Area yang paling membutuhkan pencahayaan buatan adalah area cermin dan wastafel. Lampu tungsteen menjadi pilihan favorit, karena sinarnya terang dan lembut. Untuk memberikan efek dramatis, perhatikan jatuhnya cahaya pada dinding kamar mandi.Setelah semua terpenuhi, Anda pun masih bisa menambahkan dekorasi, seperti potongan bambu hijau dalam vas kaca persegi atau bunga di dalam vas besar. Tempatkan di depan cermin, karena refleksinya dapat memberi efek menyegarkan dan lagi-lagi efek dramatis. Pot aro-materapi juga bisa ditaruh dalam kamar mandi. Selain mendatangkan perasaan rileks, pot ini juga dapat membunuh kuman karena berfungsi juga sebagai antiseptik.


Nah bagaimana tips kamar mandi minimalis diatas, semoga bisa menambah manfaat dan referensi bagi rumah anda.

0 comments:

Post a Comment